Beasiswa PRESTASI

Beasiswa PRESTASI (Program to Extend Scholarships and Training to Achieve Sustainable Impacts) adalah beasiswa Pascasarjana tingkat S2 (Master) ke Amerika Serikat. Program ini bertujuanuntuk meningkatkan kemampuan para Pegawai Negeri Sipil dan swasta untuk mendapatkan pendidikan tinggi di Amerika Serikat pada bidang studi Lingkungan (Kelautan, kehutanan, Pertanian, dan Sanitasi Air); Kesehatan (Kesehatan Ibu, Anak, dan Komunitas, Sistem Kesehatan, Pencegahan dan Kontrol penyebaran penyakit menular bersumber binatang, Sistem Pengawasan dan laboratorium, pengawasan kualitas, produksi dan penyimpanan obat) dan Pendidikan Tinggi (Pelayanan disabilitas, Sains & Teknologi). PRESTASI mencari calon penerima beasiswa yang berkualitas serta memiliki bakat kepemimpinan yang berasal dari sektor publik atau swasta untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Beasiswa PRESTASI telah dibuka pada 1 Maret 2016 dan akan ditutup pada 31 Mei 2016. Formulir pendaftaran dapat diunduh melalui website prestasi. Beasiswa PRESTASI merupakan Beasiswa yang bersifat parsial, dimana ada beberapa komponen biaya yang tidak ditanggung oleh PRESTASI. Adapun komponen biaya yang tidak ditanggung adalah sebagai berikut:

1.     Biaya perjalanan domestik pergi-pulang selama Pre-Academic Training di Jakarta,

2.     Pemeriksaan medis untuk proses visa studi,

3.     Biaya perjalanan pergi-pulang ke Universitas tujuan di Amerika Serikat.

4.     Biaya tes TOEFL iBT yang ke-3 dan seterusnya (hanya jika tes tambahan diperlukan).

5.     Biaya tes GRE yang ke-2 dan seterusnya (hanya jika tes tambahan diperlukan).

6.     Biaya formulir pendaftaran Universitas yang ke-5 dan seterusnya (hanya jika empat pilihan sebelumnya tidak berhasil/tidak diterima).

Ada dua tahap proses seleksi Beasiswa PRESTASI:  administrasi/berkas dan wawancara. Peserta yang lolos wajib mengikuti Pre Academic Training (PAT) di Jakarta sampai dengan 6 bulan. Keberangkatan untuk studi ke Amerika Serikat akan berbeda pada setiap individu tergantung dari kalendar akademik masing-masing universitas di Amerika Serikat.

Beasiswa dari USAID PRESTASI tidak mengikat. Bagi penerima beasiswa PRESTASI diharapkan akan kembali ke Indonesia ketika studinya sudah selesai dan mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat ke instansi masing-masing. Penerima beasiswa tidak terikat kontrak apapun dengan USAID PRESTASI, namun diminta untuk bergabung dan menjalin komunikasi dalam asosiasi alumni yaitu ALPHA-I, http://alpha-i.or.id.

Berikut ini kami lampirkan situs penting: 

Beasiswa PRESTASI                 : www.prestasi-iief.org

Informasi studi di Amerika         : https://educationusa.state.gov/centers/educationusa-indonesia

 

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami di +62-21-831-7330 ext. 289 dan email prestasi@iief.or.id.

Share:


Info Beasiswa Lainnya