Sosialisasi Kampus Sawah Merdeka; Kolaborasi FP UPNVY - IPB dan Tani Center

Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta melakukan sosialisasi kepada mahasiswa Fakultas Pertanian mengenai Program Kampus Sawah Merdeka pada Senin (07/11). Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Fakultas Pertanian dengan Tani Center IPB. Sosialisasi dilakukan secara dalam jaringan (daring) melalui aplikasi zoom meeting.

Sosialisasi dihadiri oleh Dr. Antik Suprihanti, SP, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian serta Kepala Tani Center IPB University, Prof. Hermanu Triwidodo. Dalam pengantarnya, Dr. Antik Suprihanti mengatakan bahwa program ini memberikan wadah kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus sebagai bentuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Ini merupakan kesempatan baik untuk mahasiswa untuk belajar di luar kampus dan langsung terjun ke lapang dan masyarakat” ujarnya.

Setidaknya terdapat 2 program Kegiatan Kampus Sawah Merdeka yang ditawarkan kepada mahasiswa Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Yogyakarta. Kegiatan pertama fokus pada pengembangan padi sawah di daerah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan yang kedua di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman dengan dokus komoditas kopi serta cabai.

“Tani Center mengajak UPN “Veteran” Yogyakarta mengamalkan tridharma perguruan tinggi sekaligus membantu para petani khususnya dan masyarakat pedesaan pada umumnya” ujar Tri Budiarto, S.KPm, M.Si dari Tani Center IPB University. Kedua belah pihak berharap kerjasama tidak hanya pada kegiatan ini namun bisa dilanjutkan pada kegiatan lain. Terutama kerjasama yang berbasis riset dan pengabdian.


Share:


Berita Lainnya