Soohoon Kim Relawan Korea Selatan di Fakultas Pertanian

Beberapa waktu belakangan ini Fakulatas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta (UPNVYK) kedatangan seorang anggota baru. Ia adalah Soohoon Kim dan akrab dianggil Ari. Ari adalah seorang berkebangsaan Korea Selatan dan merupakan salah satu relawan Korea International Cooperation Agency (KOICA) untuk Faklutas Pertanian UPNVYK. KOICA adalah badan yang didirikan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Korea Selatan untuk memaksimalkan efektivitas bantuan Korea pada negara-negara berkembang. Bantuan itu bisa berupa hibah maupun program kerjasama teknis. Ia bertugas selama 9 bulan sejak 15 Oktober 2019. Ari melakukan beberapa kegiatan selama bertugas di Fakultas Pertanian UPNVYK seperti membantu kegiatan pembelajaran, menjalin projek kerjasama eksternal, menjalankan projek internal, dan sebagainya.

 

Ari berasal dari Gangseo, Busan. Ari lulus dari Fakultas Hortikultura, Gyeongsang National University pada 2015 dan melanjutkan Program Master di bidang Applied Life Sciences pada tahun yang sama. Pada 2017 Ari lulus dari Program Master dan menjadi Senior Peneliti Korea Project on International Agriculture (KOPIA) di Myanmar selama 2 tahun. Ari telah membantu projek Padi, Kedelai, pembangunan sistem rumah kaca, distribusi mesin pertanian dari Korea Selatan.

 

Ari mohon dukungan dan kerjasa dari semua pihak selama ia bertugas di Fakultas Pertanian UPNVYK. Ari membuka kesempatan kepada semua sivitas akademika Fakultas Pertanan untuk berdiskusi dan berbagi gagasan mengenai pertanian. Kita berharap Kerjasama antara KOICA dan Fakultas Pertanian UPNVYK akan menghasilkan luaran yang membangun dan membawa perubahan yang baik.


Share:


Berita Lainnya