Seminar Nasional Fakultas Pertanian UPN

Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Kembali menyelenggarakan Seminar Nasional, Rabu (14/10), di Hotel Eastparc Yogyakarta. Seminar ini terselenggara dengan sukses atas dukungan berbagai pihak yaitu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Coffe and Cacao Training Center, Perhimpunan Agronomi Indonesia, Himpunana Ilmu Tanah Indonesia, Perhimpunan Pemuliaan Indonesia, Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia, Perhimpunan Entomologi Indonesia.

Seminar dibuka oleh Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Dr. Mohammad Irhas Effendi, M.S. Dalam sambutannya beliau menyatakan Dalam rangka pemulihan sektor pertanian pasca pandemi COVID-19, dibutuhkan kerja bersama untuk keluar dari krisis wabah pandemi ini. Tidak hanya pemerintah yang menjadi sumber kekuatan, akan tetapi perlu peran dari berbagai pihak untuk mendukung program pemerintah dalam menghadapi pandemi COVID-19. Peran serta sinergi berupa pentahelix yang melibatkan 5 elemen yaitu Government (G) yaitu pemerintah, Academics (A) yaitu akademisi, Business (B) yaitu usaha, Community (C) yaitu komunitas dan Media (M) atau disingkat GABCM, perlu dilakukan untuk menciptakan lompatan besar dalam perkembangan sektor pertanian di Indonesia.

Ketua Panitia Seminar Nasional Fakultas Pertanian 2020, Ir. Ari Wijayani, M.P., acara yang dihelat sebagai media diseminasi hasil penelitian dan perkembangan teknologi pertanian ini mengambil tema “SINERGITAS PENTAHELIX DALAM MEMULIHKAN SEKTOR PERTANIAN DI ERA TATANAN KEBIASAAN BARU”. Seminar ini diawali dengan pemaparan 5 narasumber yaitu Ir. Ekatmawati, M.M., (Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi), Prof. Ir. Ali Munawar, M.Sc. Ph.D. (Guru Besar Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta), Dr. Ir. Sri Mulato, M.Sc. (Direktur Coffe and Cacao Training Center), Ir. Yoga Purnomo (Hydro Natural Nutritious), Dr. Sardi Duryatmo, M.Si. (Redaktur Pelaksana Majalah Trubus).

Seminar ini merupakan media presentasi hasil-hasil penelitian dari bidang pertanian baik di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dan universitas-universitas lainnya. Seminar nasional fakultas pertanian menyajikan 38 makalah yang dipresentasikan secara oral baik secara daring maupun secara luring dan 8 makalah yang disajikan secara poster.  

Seminar ini menjadi ajang diskusi bagi seluruh pihak baik peneliti, akademisi, industry, dan praktisi dari berbagai latar belakang profesi. Melalui acara seminar ini dihasilkan ide-ide kreatif dalam bidang pertanian yang menjadi salah satu alternatif solusi dalam menyelesaikan masalah selama masa pandemi covid.

LINK YOUTUBE SEMINAR NASIONAL: https://youtu.be/MuBXjUEv3D0


Share:


Berita Lainnya