Selamat! 10 CPNS Dosen Fakultas Pertanian UPNVY Telah Menyelesaikan Latsar

BOGOR - Sebanyak 10 orang dosen Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta telah selesai menjalani kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2022 yang pelaksanaannya diselenggarakan oleh PPSDM Aparatur Perhubungan. Dosen-dosen tersebut terdiri dari 6 orang dosen prodi Agribisnis (Ratih Setyowati, S.P., M.Sc., Ardela Nurmastiti S.P., M.Si., Zulfa Nur Auliatun Nissa, S.Pi., M.Si., Fadilla Ristya Aminda, S.E., M.Si., Dhika Cahyasita, S.P., M.Sc., dan Aura Dhamira, S.P., M.Sc.), 3 orang dosen prodi Agroteknologi (Arif Umami S.Si., M.Sc., Azizah Ridha Ulilalbab, S.P., M.Sc., dan Ni Kadek Ema Sustia Dewi, S.P., M.Si.), serta 1 orang dosen prodi Ilmu Tanah (Ahmad Rif’an Khoirul Lisan, S.Si., M.S.).

 

Kegiatan latsar dimulai dari MOOC (Massive Open Online Course) dimana peserta belajar secara mandiri berdasarkan materi yang telah dibagikan, MOOC dilaksanakan pada tanggal 11-30 Agustus 2022, dilanjutkan dengan Blended Learning yang berlangsung dari tanggal 31 Agustus hingga 4 Oktober 2022. Materi yang dipelajari terdiri dari 4 Agenda, yaitu Sikap Perilaku Bela Negara, Nilai-nilai Dasar PNS, Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI serta Habituasi. Pada masa Blended Learning, terdapat fasilitator untuk setiap agenda dimana para fasilitator merupakan Widya Iswara dari Kementerian Perhubungan. Pada akhir masa Blended Learning, setiap peserta diminta merancang dan memaparkan kegiatan aktualisasi yang nantinya akan bermanfaat bagi penyelesaian isu yang ada di institusinya. Setelah itu, para dosen melalui agenda ke-4, yaitu habituasi selama 30 hari sekaligus menjalankan rencana aktualisasi yang telah diseminarkan pada akhir masa Blended Learning. Pelaksanaan aktualisasi dilakukan dengan bimbingan dari coach yang merupakan Widya Iswara dari PPSDMAP serta mentor yang merupakan atasan para dosen di jurusannya masing-masing.

 

Pada awal November lalu, tepatnya tanggal 7-11 November 2022 latsar klasikal dijalani oleh 10 dosen Fakultas Pertanian di PPSDM Aparatur Perhubungan, Parung, Bogor bersama dengan ratusan peserta lainnya yang berasal dari berbagai Universitas di Indonesia. Pada 2 hari terakhir (Kamis dan Jumat), para peserta menjalani seminar laporan aktualisasi untuk memaparkan hasil aktualisasi yang telah dilakukan di unit kerja masing-masing. Penutupan pelatihan dasar ini sendiri baru akan dilaksanakan pada tanggal 28 November 2022 mendatang. [AD/SSR]


Share:


Berita Lainnya