Pertukaran Mahasiswa ke Universitas Western Sydney

Empat orang mahasiswi Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Universitas Western Sydney, Australia pada 16-30 November 2019. Mereka adalah Tan Elfianka Novyza Siagian, Nadya Noora Icksan Warganegara, Herlina Hira Nurhasanah dan Nabila Putri Khairunnisa. Program tersebut merupakan kerjasama antara Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta dengan Sekolah Sains dan Kesehatan Universitas Western Sydney.

 

Western Sydney University tediri dari 11 Kampus yang tersebar di Sydney. Keempat mahasiswi ini berkesempatan belajar di Sekolah sains dan kesehatan, Kampus Hawkesbury. Terdapat beberapa jurusan di Kampus Hawkesbury seperti Pertanian, Kesehatan dan Pendidikan Jasmani, Ilmu Kesehatan, Ilmu Medis, Ilmu Alam, Pekerjaan yang berhubungan dengan terapi, Paramedis, Fisioterapi, Kedokteran Podiatrik, Ilmu Pengetahuan, Olahraga dan Pelatihan dan Pengobatan Tiongkok Tradisional. Kampus Hawkesbury memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang sangat baik dan terintegrasi.

 

Kegiatan ini telah mengembangkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa mengenai bekerja di laboratorium dan rumah kaca di Sekolah sains dan kesehatan di Hawkesbury, Universitas Western Sydney. Para mahasiswi mengetahui pentingnya penggunaan bahasa inggris sebagai alat untuk komunikasi di ranah internasional, mendapatkan kesempatan akan hal-hal dan perspektif baru mengenai kebudayaan negara lain serta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru di bidang pertanian melalui beberapa aktivitas yang ada.

 

Mahasiswa berkontribusi dalam Proyek Ph.D. yang dikerjakan oleh salah satu mahasiswa Ph.D.  mengenai “Lebah tanpa sengat sebagai penyerbuk yang dikelola secara efektif untuk Tanaman Hortikultura Australia”. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain mengatur pemeliharaan  tanaman stroberi secara hidroponik seperti pemotongan tunas tidak produktif dan dibutuhkan, pemotongan daun terinfeksi patogen, dan sanitasi buah stroberi yang rontok. Selain itu mahasiwi membantu panen, mengukur panjang, berat, mengelompokan buah, dan menghitung biji stroberi yang telah dikeringkan. Selain di rumah kaca, kegiatan juga dilakukan di lapangan. Mahasiswa terlibat dalam penelitian seorang mahasiswa Amerika Serikat, bernama Scott dengan penelitian “Membandingkan Lebah tanpa sengat Australia yang paling efektif untuk tanaman hortikultura ”

 

Pada kegiatan Laboratorium, Mahasiswa terlibat dalam penelitian seorang mahasiswa Tiongok, bernama ChenChen Zoan dengan penelitian mengenai “Menanam Kapas dengan berbagai perlakuan” (Kontrol, Cahaya Tinggi, Kekeringan, dan Cahaya Rendah) & Pengukuran Stomata yang dilakukan di Laboratorium Penahanan Fisik Level 2 (PC2 Lab). Penahanan fisik (PC) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan struktur dan prosedur yang dirancang untuk mencegah pelepasan organisme hidup ke lingkungan. Pekerjaan tertentu dengan GMO hanya boleh dilakukan di fasilitas yang disertifikasi oleh Regulator Teknologi Gen, Regulator telah mengeluarkan pedoman yang menetapkan persyaratan untuk sertifikasi berbagai jenis fasilitas (misalnya, laboratorium, hewan, tanaman atau invertebrata) ke level PC 1 – 4 dan persyaratan ini harus dipenuhi sebelum OGTR akan mengesahkan fasilitas. Fasilitas PC diklasifikasikan berdasarkan tingkat ketatnya tindakan untuk mengandung transgenik, oleh karena itu, fasilitas PC1 digunakan untuk mengandung organisme yang berisiko paling rendah terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, sedangkan fasilitas PC4 memberikan kondisi pengurungan yang paling aman dan ketat. Sebelum melakukan penelitian, Mahasiswa juga diwajibkan mengikuti safety induction, Safety Induction adalah pengenalan dasar-dasar Keselamatan kerja dan Kesehatan Kerja (K3) kepada visitor (tamu) dan dilakukan oleh karyawan dengan jabatan setingkat supervisory (dari divisi OSHE / Safety). Hal ini membuktikan bahwa Western Sydney University sangat memperhatikan keselamatan para visitor dan pekerja di Universitas itu sendiri.


Share:


Berita Lainnya