Mahasiswa Pertanian Bersama dengan Teknik Industri UPNVY Berhasil Mengembangkan Wedhang Susu Berbaha

Tim Zalacca PKM-K UPNVY yang terdiri dari empat mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta telah berhasil mengembangkan wedhang berbahan dasar esktrak kulit Salak Pondoh, produk tersebut disebut Wedhang Susu Zalacca Bubble yang nantinya akan ikut berkompetisi bersama 14 tim lolos pendanaan lainnya untuk mewakili UPN “Veteran” Yogyakarta dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tim Zalacca dibimbing oleh Heni Handri Utami, SP., MM. dan diketuai oleh Ardiansyah Sanjaya (Agroteknologi 2017) serta beranggotakan Qurrotul Uyun (Agroteknologi 2017), Annis Muthia Arifani (Agribisnis 2017) dan Nur Prangawayu (Teknik Industri 2018).

Pemilihan Salak Pondoh diantara salak jenis lainnya ialah selain dikenal berasal dari Sleman, salak jenis ini juga populer dan disukai banyak orang. Banun Harpini, Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian (Barantan Kementan) dalam Kompas.com (24/3/2017) menyatakan bahwa Salak Pondoh disukai karena rasa nan manis, tekstur garing dan aromanya nan sedap. Dan menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2016, Turi merupakan kecamatan dalam Kabupaten Sleman dengan produksi Salak Pondoh tertinggi. Meskipun produksi salak meningkat, bahkan telah sampai dunia internasional seperti Selandia Baru. Tapi hal ini tidak berbanding lurus dengan pemanfaatan limbah salak, karena konsumsi terpusat pada daging salak, padahal masih ada kulit dan biji salak yang tidak kalah banyak manfaatnya, khususnya kulit salak. Hasil uji fitokimia membuktikan bahwa kulit salak mengandung flavonoid, tanin dan sedikit alkaloid, sehingga kulit salak bersifat sebagai antidiabetes karena adanya senyawa tersebut.

Wedhang Susu Zalacca Bubble hadir selain untuk memanfaatkan kulit salak yang sedikit pemanfaatanya, tetapi juga untuk meningkatkan konsumsi dari wedhang di kalangan anak muda atau milenial, yaitu dengan menggunakan bubble berbahan dasar salak sehingga wedhang akan terasa manis dan memiliki aroma campuran salak dan jahe yang menggugah. Hingga kini, tim Zalacca PKM-K UPNVY telah mengembangkan varian rasa dan komposisi menjadi beragam, seperti rasa taro, strawberry, dan brown sugar dengan pilihan komposisi susu orisinal atau susu skim rendah lemak, dan akan terus berkembang ke depannya.

Sumber: 

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman. (2016). Luas Panen, Produksi dan Rata-Rata Produksi Salak Pondoh dan Salak Gading per Kecamatan di Kabupaten Sleman, 2016. Dipetik Agustus 31, 2020, dari https://slemankab.bps.go.id/statictable/2017/11/17/339/ luas-panen-produksi-dan-rata-rata-produksi-salak-pondoh-dan-salak-gading-per-kecamatan-di-kabupaten-sleman-2016.html

Julianto, P. A. (2017). Kompas.com. Dipetik Agustus 30, 2020, dari https://money.kompas.com/read/2017/03/24/050000526/salak.pondoh.asal.sleman.tembus.pasar.selandia.ba...




Share:


Berita Lainnya