Fakultas Pertanian Mengadakan Workshop

Fakultas Pertanian menyelenggarakan Workshop  TEKNIS PEMBELAJARAN DARING TAHAP I  pada tanggal 30 Juni dan 1 Juli 2020 bertempat di Ruang Seminar FP. Tema Workshop pada Tahap I ini adalah “PEMBUATAN MATERI PENGAJARAN UNTUK KULIAH DAN PRAKTIKUM DENGAN MEDIA DARING”

Wabah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang muncul sejak bulan Desember 2019, mengubah semua proses kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik yang normalnya lebih banyak dilakukan dengan tatap muka di kelas menjadi perkuliahan daring (online). Kebijakan tersebut dilakukan untuk meminimalisir kontak fisik secara massal yang bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Media pembelajaran daring dapat dilakukan melalui beragam media aplikasi misalnya saja e-learning, zoom, google classroom, google meet, webex dan lain sebagainya.

Perkuliahan daring yang dilakukan saat ini, ternyata sesuai dengan program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi terkait Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) sebagai implementasi Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi. Bagi tenaga pendidik yang terbiasa mengajar tatap muka di kelas akan mengalami beberapa kendala dalam menjalankan pembelajaran daring. Selain jaringan internet, kendala yang dihadapi tenaga pengajar adalah kurangnya penguasaan computer dan kurangnya penguasaan teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (Information and Communication Technology). Tentunya hal ini akan berpengaruh kepada kefektifan kegiatan belajar mengajar karena materi yang diajarkan menjadi kurang menarik dan interaktif.

Supaya ilmu yang diajarkan ke mahasiswa tersampaikan, maka mahasiswa harus lebih dahulu tertarik dengan materi yang diajarkan. Selain substansi materi, tampilan juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Materi pembelajaran dapat dibuat dalam bentuk tampilan presentasi yang interaktif, power point dengan audio, video yang unggah di You Tube, yang digunakan dengan media tatap muka yang efisien (mudah diakses dan ekonomis).  Workshop ini bertujuan untuk membekali pengetahuan dan pengalaman dalam membuat materi pembelajaran yang menarik selama melaksanakan proses perkuliahan dan praktikum secara daring.

Workshop diikuti oleh seluruh dosen di lingkungan Fakultas Pertanian yang diselenggarakan dalam 2 periode. Peserta melakukan praktek langsung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Kegiatan Workshop ini merupakan awal akan diterapkannya e-Learning UPN yang rencananya akan diterapkan pada awal kegiatan Perkuliahan Semester Gasal T.A 2020/2021 (AS)


Share:


Berita Lainnya