INFO JURUSAN



STATISTIK PENGUNJUNG
  • Pengunjung : 272872 user
  • IP Address : 54.225.54.120
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :

Kuliah Umum oleh Prof. Rajendra P. Shrestha - AIT Thailand
Jumat, 04 November 2016

"Protecting The Environment"

Demikian judul kuliah umum yang disampaikan oleh Prof. Rajendra Prasad Shrestha pada Senin 31 Oktober 2016 di hadapan mahasiswa semester III Fakultas Pertanian UPN "Veteran" Yogyakarta. Topik tersebut sangat menarik dan penting karena beberapa alasan. Paling tidak ada tiga alasan, yang pertama adalah adanya kenyataan kerusakan lingkungan semakin banyak terjadi dan sebagian sudah dalam taraf membahayakan kehidupan manusia. Yang kedua, kecenderungan proses kerusakan lingkungan masih akan terus terjadi, dan yang ketiga, perlunya mengajak generasi muda untuk sadar dan ikut berperan dalam pelestarian dan perlindungan lingkungan.

Dalam kuliahnya, Prof. Shrestha menjelaskan betapa kerusakan lingkungan banyak yang disebabkan oleh ulah manusia. Pemanasan global (global warming) merupakan salah satu fenomena yang secara perlahan tapi pasti akan terus terjadi. Emisi gas buang yang berlebihan ke udara yang mengandung senyawa gas rumah kaca (green house gases, GHGs) telah membentuk lapisan di atmosfer yang menghalangi pelepasan kembali panas dari permukaan bumi ke atmosfer. Adanya lapisan ini maka energi panas matahari yang masuk ke permukaan bumi akan tertahan untuk dapat lepas kembali ke atmosfer. Akibatnya dalam jangka panjang, rata-rata suhu bumi menjadi meningkat. Inilah yang dikenal sebagai pemanasan global.

Penebangan hutan (deforestation) yang tidak terkendali, pencemaran air dan udara, adalah beberapa contoh lain pemicu dan bentuk kerusakan lingkungan ikutan yang ditimbulkan yaitu banjir, erosi tanah, dan kabut asap. Di bagian akhir kuliah disampaikan pesan moral bagi penyelamatan dan perlindungan lingkungan yang harus menjadi tanggungjawab semua pihak. Generasi muda harus mengambil peran besar karena kondisi lingkungan yang akan terjadi adalah masa depan mereka. Lakukan perlindungan dan penyelamatan lingkungan mulai hari ini dan ajak teman untuk ikut bersama berpartisipasi.

Prof. Rajendra p. Shrestha adalah Dekan pada School of Environment, Resources, and Development (SERD) di Asian Instute of Technology (AIT) Thailand.

@p